Jumat, 16 Desember 2011

Peralatan toko baju

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman dalam mendesain toko baju (butik kecil-kecilan) milik istri saya, Lokasinya di rumah saya dengan memanfaatkan R. Tamu. Sempat bingung juga sih... soalnya saya tidak pernah punya pengalaman dalam mendesain, apalagi memasangnya sendiri.. langkah pertama, saya melihat lihat toko baju di beberapa toko baju di kota saya.. ada kejadian lucu yang saya alami, ketika sedang cek & ricek desain toko baju milik orang lain. begini ceritanya :  ketika saya lagi asyik melihat lihat desain aksesoris yang menurut saya unik, saya dikejutkan oleh suara penjaga toko yang menayakan kepada saya " Mau pilih yang mana mas.... itu gelang dan kalungnya discount 30 %" kontan saja saya kaget karena tidak menyangka akan ditanya oleh penjaga toko,karena saya lagi ke asyikan lihat desainnya bukan  aksesoris yang lagi di jual. lalu saya jawab sekenanya : "Saya lagi cari kalung tengkorak yang pernah di pakai syahrini mbak" di jawab langsung sama mbak penjaga toko " barangnya lagi kosong mas.. lagian  itu kan barang lama mas!!!" tanpa banyak tempo aku bilang "trima kasih mbak" lalu ngeloyor pergi (malu!!!!).. Sampai dirumah aku gambar sketsa dari desain butik-butik yang tadi ku singgahi.


Setelah sketsa dan perincian peralatan butik yang di butuhkan saya catat, saatnya saya mencari toko penjual perlengkapan butik/ toko baju terdekat dari rumah saya. dari info yang saya dapat setelah tanya sana sini akhirnya kudapat alamat yang tak jauh jauh amat dari rumah saya. kira-kira 2 km. besoknya aku meluncur kesana dan memang benar kata teman saya... toko referensinya lumayan besar dan lengkap... singkat cerita akhirnya aku memperoleh semua barang yang kuperlukan.

Setelah semua material kudapat saatnya mempersiapkan peralatan yang di perlukan. Di bawah ini adalah daftar peralatan yang saya pakai untuk memasang peralatan pendukung toko baju di rumah saya :
1. Bor ( kalau tidak punya, bisa pinjam tetangga).
 2. Mata bor diameter 6 mm.


3. Fischer 6mm
4. Sekrup ujung lancip 6mm ( fischer dan sekrup beli di toko bangunan )


5. Palu.
6. Pulpen untuk penanda.
7. Selang transparant kecil (nanti diisi air, untuk meluruskan rel yang akan kita pasang).


8. Obeng (+).

Kemudian setelah itu saya menggambar sketsa rancangan rak yang ada dipikiran saya : lebar rak 1.5 m .


 
keterangan gb. :

1. Rel sepanjang 1m. sebanyak 3 lonjor.


2. Siku kaca panjang 25 cm. 6 pcs.



3. Kaca 0,5 mm ukuran 24 x 150 cm. 2 lembar
4. Pipa kotak  panjang 150 cm. 1 lonjor

5. Siku kotak 7 cm. 3 pcs


Berikut langkah-langkah yang saya lakukan dalam memasang rak butik setelah membuat sketsa di atas :
1. Pasang rel yang paling kiri ( dalam gbr. ada 3 rel. saya asumsikan rel kiri, rel tengah dan rel kanan)
oh ya, dalam 1 rel saya memasang 3 sekrup ( sudah cukup kuat kok) kalau ingin lebih kuat ya pasang 4.
  Pasang fischer lalu sekrup pada lubang bagian atas, tapi jangan dikencangi dulu biarkan rel menggantung bebas. (lihat  gb. atas) tujuanya agar rel benar benar tegak lurus. kemudian baru kita sekrup bagian tengah dan bagian bawah.

2. Untuk memasang rel yang bagian tengah, kita harus benar- benar harus meluruskan dengan rel kiri yang kita pasang lebih dahulu.  Cara ini saya pakai karena terinspirasi dari para tukang bangunan yang baru saja membangun rumah saya. Dengan hanya memakai selang di isi air sampai 75 %. kemudian kita tempelkan sebelah kiri lurus dengan sekrup bagian atas, lalu biarakan permukaan air di ujung selang sebelah kanan berhenti bergerak baru saya tandai dengan ballpoint untuk dibor yang kemudian di pasang fischer lalu di sekrup (lihat gb. atas) .

lalu ulangi langkah No.1.

3. Untuk memasang rel sebelah kanan ulangi langkah No. 2 dan No. 1.



4. Setelah ke 3 rel sudah terpasang (lihat gambar di atas) berarti kita sudah melewati bagian yang tersulit... langkah selanjutnya kita tinggal memasang 3 siku kaca dan 3 siku kotak. Kemudian putar pengunci pada siku agar siku kokoh. Untuk semua siku cara penguncinya sama semua. (lihat video dibawah ini) :


video


5. Setelah 6 siku kaca dan 3 siku kotak sudah terpasang seperti sketsa yg saya buat, Maka kita tinggal  menaruh kaca diatas siku kaca (Hati-hati! kalau perlu dibantu dg orang lain. barang mudah pecah). kemudian masukan pipa kotak pada siku kotak di baris ketiga ( paling bawah )...

6. Yup... Rak siap di gunakan untuk berjualan... lihat foto di bawah : Rak paling atas dipakai display baju, rak tengah dipakai display jilbab dan gantungan paling bawah dibuat menggantungkan jilbab. hasil kerja amatiran seperti saya aja bisa... Apalagi anda......

Gambar tampak depan


Gambar tampak samping

Ok semoga bermanfaat selamat mencoba.... tunggu pemasangan rak yang lainnya dengan model yang lain pula.......  

Bila ada yang berminat membeli perlengkapan toko baju, silahkan klik link di bawah ini :
  1. Siku
  2. Manekin
  3. Pipa kamar pas
  4. Pipa dan rel 


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar